Cara Penginstalan Windows XP

langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penginstalan windows XP pada komputer yaitu:



1. hidupkan PC anda kemudian masukan CD instalasi Windows XP ke dalam CD-ROM anda. Akan tetapi jagan lupa melakukan pengaturan pada sistem BIOS untuk boot melalui CD-ROM, dengan cara sebagai berikut: cara pertama yaitu mengganti booting awal ke CD-ROM dengan cara memasuk komputer pada sistem BIOS dengan cara menekan secara terus menerus tombol DEL yang ada di keyboard begitu komputer di hidupkan. Otomatis tampilan layar monitor akan menuju BIOS biasanya warna biru, kemudian anda cari sub menu yang memanagement booting (biasanya sub menu advance bios feature-boot sequence / first boot). Cara yang kedua yaitu Jika menekan tombol DEL yang berada pada keyboard komputer tidak mau masuk ke BIOS maka coba tekan tombol F2 atau F12 tergantung dari tipe Motherboardnya, berbeda tipe motherboardnya berbeda pula settingan BIOS nya. Catatan Jika Motherboat anda keluaran terbaru untuk mengganti booting awal ke cd room anda cukup menekan tombol F8 atau F10 atau F11 begitu komputer dihidupkan.

2. Setelah proses booting berhasil kemudian ada tulisan pres any key to boot from cd pada bagian bawah, maka anda harus menekan salah satu tombol di keyboard anda (misal tekan enter).

3. Anda akan berada pada layar window XP setup (tulisan window setup berada dipojok kiri atas), tunggu proses sampai selesai. Pada proses ini windows memasukkan driver-driver untuk peripheral tertentu.

4. kemudian muncul layar window xp proessional setup (tulisan ini juga berada pada pojok kiri atas). dilayar ini anda akan dihadapkan pada pilihan seperti : To setup window xp press ENTER dan tekan enter pada pilihan ini, To repair winows xp installing using recovery press R, dan To quit setup press F3.

5. Selanjutnya anda dihadapkan pada layar window xp licencing agreement, dan apabila anda menyetujuinya maka tekan F8.

6. Apabila komputer anda sebelumnya belum terinstal windows XP maka anda akan di hadapkan pada tampilan sebagai berikut dan anda harus melakukan partisi hardisk anda terlebih dahulu, maka tekanlah enter.

7. Setelah itu maka anda akan dibawa ke menu partition, seperti: melakukan set up window xp maka tekan Enter, membuat partisi baru maka tekan C, dan membuang / delete partition tekan D.

8. Selanjutnya anda harus membuat partisi hardisk, maka tekan C dan kita akan di hadapkan pada tampilan seperti berikut ini Tuliskan besarnya ukuran partisi yang kita inginkan pada “Creat Partition of size” ingat windows xp memerlukan free space minimal 1.5 GB tapi sebaiknya untuk ukuran partisi yang dipakai buat system windows xp minimal 10 GB, selanjutnya setelah kita menuliskan besarnya ukuran partisi maka tekan ENTER. Buatlah partisi hardisk sesuai dengan kebutuhan anda.



9. Setelah anda membuat partisi pada hardisk maka anda harus menentukan drive yang hendak kita pakai untuk tempat instalasi widows XP, biasanya kita letakkan pada drive C, maka arahkan ke drive C dan tekan ENTER.

10. Selanjutnya anda akan di hadapkan pada pilihan format partisi hardisk, secara default Windows XP menggunakan format NTFS sebagai format partisinya, tetapi anda bisa mengubahnya ke dalam format FAT apabila anda menghendakinya, selanjutnya kita biarkan secara default dan tekan ENTER.

11. Setelah kita tekan ENTER maka proses format akan berjalan, tunggulah proses format tersebut sampai selesai.

12.Apabila proses format telah selesai maka proses selanjutnya adalah proses copying file-file window, tunggulah proses tersebut sampai selesai sampai muncul konfirmasi untuk merestart komputer.

13.Konfirmasi untuk merestart komputer, anda bisa menunggunya atau anda langsung tekan ENTER.

14.Setelah restart maka akan muncul layar loading Windows XP Professional, dan akan membawa kita ke proses instalasi.

15.selanjutnya anda akan dibawa pada proses instalansi windows, klik next pada gambar berikut: 


16.Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu kemudian tekan Next



17.Disini Kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number
     dari type windows Kamu tekan Next lagi




18.Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu 
     tekan Next


19.Set Time Zone pada posisi (GMT+80:00) klik Next



20. Kemudian pilih Typical settings atau pilih Custom settings lalu
      klik Next.


21.Bila anda terhubung kejaringan local dengan domain pilih option
     Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan
     DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung
     kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No,
     sekali lagi tekan Next.



22.Selanjutnya Kamutinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama kamu. hingga Kamu berada pada
tampilan Dekstop Windows seperti ini. Sekarang Kamu
tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.


Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev home